Ternyata Bercinta itu Bisa Meredakan Migrain

Kehidupan seks yang sehat merupakan salah satu kunci dari kesehatan tubuh dan mental secara keseluruhan. Setidaknya hal itulah yang diungkapkan Lauren Streicher, M.D., seorang dokter spesialias kandungan.

Menurut dokter yang pernah menulis buku 'Sex Rx: Hormones, Health, and Your Best Sex Ever' ini seperti dikutip dari Shape, "Seks bisa menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kepuasan hubungan antar pasangan dan juga kualitas hidup."

Tidak hanya itu, seks bahkan disebut-sebut bisa membantu meringankan rasa sakit. Berdasarkan sejumlah penelitian, seks efektif mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan. Salah satunya adalah migrain atau sakit kepala sebelah.

Menurut hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cephalalgia, 33 persen wanita yang berhubungan seks saat mengalami migrain, merasa sakit kepala mereka mereda. Para peneliti pun memberikan penjelasan ilmiah dari reaksi ini.

Orgasme saat bercinta ternyata mengganggu jalannya sinyal rasa sakit ke otak. Selain itu ketika orgasme, tubuh melepaskan hormon endorphin (hormon bahagia) dalam jumlah banyak yang juga bekerja sebagai penghilang rasa sakit alami.

Aktivitas bercinta juga menyebabkan pembuluh darah melebar, sehingga membantu melancarkan peredaran darah. Aliran darah yang lancar pun diyakini bisa mengurangi rasa sakit pada beberapa jenis sakit kepala, termasuk migrain

Home